Cara Mengetahui Foto di Sosial Media Asli atau Palsu

Harap berhati-hati untuk kita semua dalam menaruh kepercayaan kepada orang yang kita baru kenal di media sosial, jangan sampai mudah percaya dengan apa yang kalian lihat seperti halnya foto profile dan timelinenya, entah itu di Facebook, Instagram, Twitter, dll. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Mengetahui Foto di Sosial Media Asli atau Palsu, untuk berbagi pengalaman agar kita bisa lebih waspada dan lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media saat ini.

Asli atau Palsu


Kenapa saya memilih topik ini, karena banyak sekali kita jumpai akun berfoto kloningan atau paslu yang bertebaran di sosial media dengan memasang foto bukan milik pribadi, entah itu untuk kejahatan baik dalam bentuk apapun atau bagaimananya saya tidak tau. Walaupun banyak juga yang hanya sekedar iseng untuk mendapatkan sensasi di sosial media seperti banyak like dll. Dan di sini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai diri saya dan teman-teman saya pernah tertipu di sosial media oleh salah satu akun kloningan cewek. Hmm.. tertipu bukan materi sih, hanya saja kecewa setelah mengetahui bahwa akun itu adalah akun palsu, karena dari pertama kenal sampai inbox ini itu panjang lebar sering curhat juga dan berbagi sesuatu untuk bermain di dunia coding. Lama kelamaan makin akrab dan seperti sahabat dekat dengan meyakinkan foto-foto yang diupdate selalu orang yang sama dan setiap hari, rasa curiga seolah sudah tidak ada lagi. Akhirnya setelah ada salah satu teman mengetahui bahwa itu adalah akun palsu dengan menggunakan foto orang lain, rasanya seperti disambar angin hahaha. Kecewa / merasa tertipu dan marah sudah pasti, karena sudah sangat lama kenal dan saya mengira bahwa itu adalah akun asli dan saya juga sering berbagi dan saling percaya seperti teman atau sahabat lainnya.
Baca juga : Aplikasi Video Editor Android Terbaik 2017
Maka dari itu, berhati-hatilah dalam bersosial jangan mudah tertipu oleh foto yang kalian lihat cantik/ganteng. Semua itu bisa dicek keasliannya kok, caranya mau tau kan?

Cara Mengetahui Foto di Sosial Media Asli atau Palsu

  • Simpan dulu foto target yang kalian ingin cek di PC/Laptop.
  • Buka https://images.google.com 
  • Klik icon kamera di sebelah kanan
  • Pilih Upload Gambar , upload gambar yang kalian ingin cek keasliannya.
  • Tunggu sampai proses selesai.
  • Jika foto yang kalian cek merupakan foto asli dari si pemilik akun yang kalian curigai maka tidak muncul datanya atau jika muncul hanya gambar yang hampir sama dengan yang kalian upload
  • Jika foto yang kalian cek merupakan foto palsu maka di Google Image akan  muncul si data-data si pemilik aslinya, baik dari Instagram, Facebook,dll.
Gampang banget kan, lebih gampangnya ketimbang upload kalian bisa juga menyeret dan meletakkan foto yang diinginkan langsung ke kotak pencarian Google Image
Oh iya, bukan bermaksud membuat kalian sensitif terhadap siapa saja tapi hanya untuk meyakinkan saja supaya hal yang pernah saya alami tidak terjadi lagi. Jadi kalau kalian merasa ragu melihat foto kenalan / teman sosial media, bisa langsung coba dicek terlebih dahulu. Biarpun hal sepele tetapi kalau sudah berhubungan ke perasaan atau ke dalam dunia bisnis dengan orang yang sebelumnya belum pernah kita temui di dunia nyata akibatnya bisa sangat merugikan diri kita sendiri. Karena hal seperti ini sangatlah berpotensi menimbulkan kejahatan di dunia maya, bisa saja bagi orang awam di sosial media tertipu oleh foto cantik/ganteng dari salah satu akun sosmed yang menggunakan foto palsu dari orang luar negeri yang kita belum pernah melihat sebelumnya. 

Jadi, bersosial media sesuai kebutuhan saja dan selalu waspada. Sekian artikel gak jelas ini, semoga bisa bermanfaat dan apabila ada perkataan yang tidak dipahami maupun ada kesalahan minta maaf minta ridho ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan BAIK dan Relefan :)
Dilarang komentar SPAM Link!